Cara Mengobati Jerawat. Baca ini dulu!

Kaget pasti yaaa dear kalau tiba-tiba muncul jerawat. Apalagi buat kalian yang acne fighter, perjuangan kalian pasti sudah maksimal buat ngilangin si acne ini yaa dear. Jerawat jadi salah satu "penghias" wajah yang hampir semua orang mengalaminya. Jadi, tetep semangat yaaaa.

Oyaa, jerawat itu timbul karena pori-pori tersumbat oleh minyak wajah dan sel kulit mati.

Jadi, setiap pori-pori di wajah kita terhubung dengan yang namanya kelenjar sebasea, dimana kelenjar ini bertugas mengasilkan minyak alami wajah yang disebut sebum.

Minyak berlebih pada wajah atau sebum yang berlebihan dapat menyebabkan bakteri menempel pada kulit, sehingga bisa terjadi peradangan dan jerawat.

Tapii, itu bukan satu-satunya penyebab jerawat yaa dear. Jerawat juga bisa muncul karena faktor genetik, diet, stress, perubahan hormon, dan infeksi.


Dikutip dari halaman Healthline, untuk mengatasi jerawat ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

1. Menggunakan skincare yang mengandung anti-inflamasi dan tinggi antioksidan. Sudah terbukti melalui penelitian, jika antioksidan mampu mengurangi radang pada jerawat.

2. Menggunakan bahan yang memang fokus untuk mengatasi jerawat, misalnya tea tree oil dan salicylic acid.

3. Konsumsi minyak ikan. Minyak ikan mengandung EPA dan DHA omega-3 yang dapat mengurangi jerawat.

4. Hindari makanan yang tinggi kandungan glikemik nya, seperti gula, konsumsi nasi berlebih, tepung bergluten.

5. Hidrasi kulit dengan optimal. Ini akan memperkuat skin barrier wajah. Skin barrier kuat = kulit wajah sehat, artinya kulit kita bisa healing sendiri si acnenya.

6. Eksfoliasi wajah secara rutin. Mengeksfoliasi wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga skincare yang kita pakai dapat di serap sempurna oleh kulit.

7. No dairy food.

8. Jangan sampai stress.

9. Dan olahraga secara rutin. 

Kemudian Michelle Wong, pemilik blog Lab Muffin, memberikan bebrapa tips untuk kalian acne fighter. Secara ringkas, tipsnya yaitu:

1. Gunakan gentle cleanser. Hindari menggunakan scrub untuk membersihkan wajah. Sabun muka yang gentle tidak akan menambah peradangan pada jerawat kalian. Gentle cleanser disini maksudnya, yang soap free (free sls) dan mengandung komposisi bahan yang menenangkan.

2. Jauhi Kaca! Percaya atau tidak, kaca bisa membuat kita semakin gemes dan ngga sabar sama jerawat kita. Jadi tips ini masuk akal banged yaa dear.

3. Jangan memencet jerawat! Memencet jerawat hanya akan menambah peradangan pada jerawat kalian. Ini berlaku pada komedo juga yaa dear. Jika ingin menyentuh atau membersihkan wajah, selalu gunakan kapas, atau cotton buds, atau tissue.

4. Rutin mengganti sarung bantal kalian. Bakteri dan sebum dari wajah kalian pasti menempel pada bantal yang kalian pakai. Tidak hanya itu, conditioner pada rambut kalian juga bisa jadi menempel pada bantal. Dan ini bisa menjadi awal mula munculnya jerawat. Jadi, selalu ganti sarung bantal kalian minimal seminggu sekali.

5. Gunakan bahan aktif untuk mengobati jerawat kalian. Kalo kalian masih ragu dengan bahan aktif untuk jerawat, aku saranin pakai teatree oil atau salicylic acid 2%. Dua bahan ini aman untuk kalian para ibu menyusui dan ibu hamil. Tetap lakukan eksfoliasi secara rutin, untuk memaksimalkan penyerapan obat jerawat yang sedang kalian pakai.


Sumber bacaan:
www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies
pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1535287/
labmuffin.com/video-my-top-5-acne-tips/

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer