Bingung dengan Jenis Kulitmu? Cobalah cara ini.


Masih kesulitan menentukan jenis kulit? Anda bisa lakukan tes sederhana ini untuk mengetahui jenis kulit anda. Tetapi perlu diketahui sebelumnya, secara ideal dan klinis tentunya untuk mengetahui jenis kulit adalah menemui dokter kulit, ya kita harus berkonsulatsi dengan dokter kulit.

Namun, ternyata juga bisa mengetahuinya sendiri melalui praktek dan alat yang sederhana. Alat yang harus kita sediakan adalah cermin yang seukuran dengan wajah anda.

Kemudian beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tes kulit wajah ini sukses, diantaranya :
- Tes dilakukan bukan pada ruangan ber-AC dan jangan berada di ruangan ber-AC, setidaknya 1,5 jam sebelum melakukan tes ini. Perlu diketahui, udara di ruangan AC dapat membuat kulit menjadi kering dan mempengaruhi hasil tes.
- Hindari mencuci wajah, 1 jam sebelum melakukan tes.
- Satu jam setengah sebelum melakukan tes jangan keluar rumah atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.


Berikut adalah cara melakukan tes cermin untuk mengetahui jenis kulit wajah:
1. Menempelkan wajah pada cermin bersih yang telah disedikan.
2. Pastikan dahi, hidung, dan dagu berada pada satu garis lurus.
3. Setelah menempel, tekan pipi pada cermin dengan membalikan wajah dari kiri ke kanan dan kemudian sebaliknya.
4. Intinya, Anda harus menempelkan setiap bagian wajah (dahi, hidung, pipi) pada cermin.


Cara membaca hasil tes :

🌼 Kulit berminyak
Bila terdapat bekas minyak di cermin, pada area T wajah (dahi dan hidung) serta pipi, maka wajah Anda berminyak. Ciri-ciri lainnya, pori-pori wajah yang besar dan wajah yang mengkilap.

🌼 Kulit kering
Bila tidak terdapat bekas minyak di cermin, kecuali bekas bulu pada wajah, maka kulit Anda kering.

🌼 Kulit kombinasi
Bila bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran. Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi Anda akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak.

🌼 Kulit sensitif
Tipe kulit ini sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa jadi berminyak ataupun kering. Untuk itu, tekanlah wajah pada cermin dengan cukup lama. Bila Anda merasakan perih, maka jenis kulit Anda sensitif. Kulit jenis ini sering tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik.

🌼 Kulit normal
Tipe kulit ini sangat mudah dikenali, meski tanpa melakukan tes cermin ini. Seperti tidak memiliki minyak berlebih pada wajah, tidak kering, dan tidak mudah berjerawat. Meski begitu, cara menganalisanya adalah ketika ciri-ciri diatas tidak anda dapatkan setelah melakukan tes, maka kulit anda termasuk jenis normal.

Yuk, dicoba dirumah yaa ....

Komentar

Postingan Populer